Yuk Jual Beli di GEMPITA, Daftar Sekarang!

0

Notifikasi

Tidak ada data

Keranjang

Inbox

Notifikasi

Lihat Selengkapnya

Tidak ada data

Tebingtinggi Kembangkan Komoditas Organik

Rabu, 06 Des 2023, 20:59:16 WIB / By ADMIN GEMPITA

Tebingtinggi Kembangkan Komoditas Organik

MedanBisnis - Tebingtinggi. Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan bersama Gubernur Sumatera Utara diwakili Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provsu M Azhar Harahap membuka resmi Tebingtinggi Agri Market dan Pameran Flora & Fauna (TAM & PFF) Tebingtinggi ke-5 tahun 2018 di Lapangan Merdeka Jalan Sutomo kota Tebingtinggi, Sabtu (4/8) malam.

Kegiatan yang berlangsung hingga 10 Agustus 2018 itu diwarnai dengan penyerahan sertifikat sayuran organik dan padi organik oleh Direktur Lesos (Lembaga Sertifikasi Organik Seloliman) Kabupaten Mojokerto Provinsi Jawa Timur Poernomo, sekaligus penandatanganan nota kesepakatan kerja sama antara Pemko Tebingtinggi dengan Pemkab Serdangbedagai tentang pengembangan sektor pertanian kluster padi organik, sayuran organik, perikanan, peternakan dan olahan turunannya oleh Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan dan Bupati Sergai H Soekirman.

Selain itu juga dilakukan penandatangan kerja sama Pemko Tebingtinggi dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) tentang kerja sama pengembangan sektor pertanian kluster padi organik, sayuran organik, perikanan, peternakan dan olahan turunannya serta penandatanganan kesepakatan bersama antara Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tebingtinggi dengan Ketua DPK Apindo Tebingtinggi H Safriudi Satrio tentang pemasaran sayuran organik Kota Tebingtinggi.

Walikota Tebingtinggi menyampaikan, kerja sama antara Pemerintah Kota Tebingtinggi dengan Pemerintah Kabupaten Sergai sangat perlu dilakukan, sebab harus diakui bahwa Sergai sudah lebih maju tentang pertanian organik baik tanaman pangan atau sayur-sayurannya, oleh karena itu Tebingtinggi harus menimba ilmu dari Sergai dengan mengirimkan kelompok-kelompok tani untuk belajar menerapkan sistem pertanian organik di daerah itu.

"Disamping itu kita juga mendulang ilmu dari Lesos Mojokerto, jadi semakin banyak ilmu kita maka akan semakin baik juga pertanian di Kota Tebingtinggi. Kita berharap tidak hanya produk awal tapi sampai hilirisasi juga menjadi bagian dari yang kita utamakan, itulah mengapa kita mengadakan Tebingtinggi Agri Market ini," jelas Umar Zunaidi.

Senada dengan Walikota Umar Zunaidi, Bupati Sergai H Soekirman dengan lugas mengatakan bahwa pertanian itu (berada) di kampung (desa) sedangkan pemasaran itu ada di kota, jadi antara kampung dan kota itu tidak bisa dipisahkan, jadi dengan adanya kota Tebingtinggi yang mulai menjadikan ikon produk organik pihaknya (Pemkab Sergai) sangat senang, karena akan bisa dipasarkan secara bersama-sama.

"Alhamdulillah di Kota Tebingtinggi pun masih ada kelompok tani dan masih ada lahan dan ini akan memperkuat, karena zaman sekarang kalau jualan jangan sendirian, makin ramai jualan makin laku apalagi ada sertifikasi dari Lesos Mojokerto dan dari Departemen Perdagangan juga ada uang dari Bank Indonesia, kalau sudah begitu walaupun lahannya sempit akan berlipat ganda hasilnya," ucapnya.

Sementara Gubernur Sumut diwakili Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provsu M Azhar Harahap mengatakan, kegiatan Tebingtinggi Agri Market sangat strategis dan sangat bermanfaat dalam mendukung pembangunan pertanian khususnya di kota Tebing Tinggi dan umumnya di Provinsi Sumatera Utara.

"Seiring dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) yang dicanangkan sejak tahun 2015, kita masyarakat Sumatera Utara khususnya kepada para petani dituntut untuk meningkatkan mutu dan kualitas produk kita sendiri, apabila hal itu tidak bisa kita tingkatkan, maka produk-produk yang kita hasilkan dari daerah ini tidak bisa kita jual ke daerah lain, sehingga kita nantinya jadi penonton di daerah kita sendiri," katanya.

Sebelumnya Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Tebingtinggi Marimbun Marpaung selaku ketua panitia kegiatan menyampaikan, kegiatan TAM&PFF yang pesertanya juga diikuti oleh Kabupaten Deliserdang, Sergai, Batubara sebagai upaya percepatan pembangunan di bidang ketahanan pangan dan pertanian seiring dengan tema 'Ciptakan peluang investasi dan agribisnis dengan pembangunan cluster agrowisata pertanian pemerintah kota Tebingtinggi mewujudkan kota jasa dan perdagangan'.

Kegiatan diawali dengan karnaval yang dilepas Walikota H Umar Zunaidi Hasibuan bersama unsur FKPD bersama Direktur Bakoptik Kemenperindag RI Ninuk Rahayu Ningrum dan Direktur Lesos Mojokerto Purnomo di tribun kehormatan, diikuti para kelompok tani, pelajar SMK dan berbagai elemen masyarakat yang bergerak di bidang pertanian, peternakan dengan membawa hasil produksi komiditi pertanian mulai padi, sayur mayor, hasil perkebunan dan buah-buahan serta perternakan seperti ikan, kambing dan lembu. (ali yustono)

Silahkan Login untuk memberikan Komentar...